Tim Ganteng ITM Raih Peringkat Kedua Shell-Eco Marathon Asia di Singapura

(Analisa/bardansyah) FOTO BERSAMA: WR ITM Ir Mustafa, Kajur Ir Nuriana dan Dosen Bahasa Inggris Sri, dan Mahyunis foto bersama dengan Tim Ganteng ITM yang meraih peringkat kedua Kompetisi Shell-Eco Marathon Asia 2018 di Singapura.

TIM Ganteng Institut Tek­nologi Medan (ITM) berhasil meraih peringkat kedua dalam kom­petisi Sheel-Eco Marathon Asia 2018. Ajang tersebut diselenggarakan di Changi Exhibition Center Singa­pura pada 7-11 Maret 2018.

“Kami mendapat peringkat kedua kelas Urban Ethanol,”  kata Pembim­bing Tim Ganteng ITM, Mahyunis kepada wartawan di ruang rapat senat ITM, baru-baru ini usai kembali dari Si­­ngapura.

Didampingi Wakil Rektor ITM, Ir Mus­tafa MT, Ketua Juru­san (Kajur), Ir Nu­riana MT dan Dosen Bahasa Inggris Sri, Mah­­yunis me­nuturkan, keberha­silan me­raih peringkat kedua mampu meningat­kan prestasi yang diraih pada kom­pe­tisi pada 2017 lalu yang hanya me­raih peringkat ke­empat. Namun sekarang men­du­duki

Ia menambahkan, meskipun ber­ada di posisi kedua, teta­pi untuk kon­sumsi  bahan bakar Tim Gan­teng me­ngalami penu­runan. Adapun peng­gunaan kon­sumsi bahan bakar Tim Ganteng ITM 51,9 kilometer per satu liter di bawah Selandia Baru yang kon­sum­sinya mencapai 103,5 kilo­meter per satu liter. Kondisi itu men­jadikan Selandia Baru berada di peringkat pertama.

Sementara, tiga puncak Asia  me­wakili Eropa keseluruhannya dari Indonesia. Perguruan tinggi tersebut yak­ni, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Universitas Negeri Yogya­karta (UNY).

“Ketiganya ini akan bertanding ke London pada 8 Juli 2018 menda­tang,” ucapnya.

Ia menyampaikan, jumlah negara Sheel Eco Ma­rathon Asia 2018 me­ng­a­lami penu­ru­nan. Ajang ini hanya di­ikuti 18 negara, na­mun dari sisi jum­lah peserta menun­juk­kan pe­ning­katan.

“Sebanyak 26 perguruan ting­gi asal Indonesia turut ber­kompitisi di level Asia, tidak hanya perguruan tinggi negeri, tetapi juga perguruan tinggi swas­ta,” sebutnya.

Ada dua kelas yang dii­­kuti  per­gu­ruan tinggi Indonesia di ajang Shell-Eco Marathon Asia. Di antara­nya, Pro­toty­pe dan Urban Concept. Wakil Rektor (WR) IV ITM, Ir Mustafa MT me­ng­ucapkan terima kasih ke­pada Tim Gan­teng yang telah meraih peringkat kedua pada Kom­pe­tisi Sheel Eco Marathon 2018 Asia di Singa­pura. Prestasi ini merupakan peng­hargaan setinggi-tingginya bagi alma­ma­ter.

Menurutnya, ajang ini sangat po­sitif. Hal itu dikarenakan akan mem­pro­­mosikan kampus masing-ma­sing. Se­lain itu juga mening­katkan ke­mam­puan mahasiswa pada bidang yang digelutinya tersebut.

“Terus menggali ilmu yang dimiliki karena akan menjadi modal untuk bekerja setelah selesai per­ku­liahan,” pungkasnya. (Bardansyah)