Pelatihan Bersertifikat Geolistrik di ITM

Medan,  (Analisa)

Ikatan Alumni Teknik Geologi-ITM telah mengadakan pelatihan dan pendidikan bersertifikat Geolistrik bagi mahasiswa Teknik Geologi untuk angkatan I, di Aula Kampus ITM,  Jalan Gedung Arca Medan,  Jumat dan Sabtu (23-24/8).

Dalam kegiatan itu,  Ikatan Alumni Teknik Geologi-ITM bekerja sama dengan jurusan Teknik Geologi dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG)-ITM.

Kegiatan itu dihadiri Ketua Ikatan Alumni Geologi-ITM Japianta, ST, Amir Sitinjak, ST. Sebagai Instruktur Ir. Azhari Fitrah. MT, Amir Hamzah, dan Munawir. Pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Geolistrik oleh Sekretaris Jurusan Teknik Geologi Ir. Edi Yasa Ardiansyah, MT.

Dalam sambutannya Edi Yasa Ardiansyah mengapresiasi kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Bersertifikat Geololistrik yang dilaksanakan Ikatan Alumni Geologi-ITM. Karena akan menambah wawasan mahasiswa Geologi dan bekal mereka nanti setelah mendapat pekerjaan.

Dia berpesan kepada peserta pelatihan dan pendidikan dari mahasiswa Geologi agar serius dan mendengarkan materi yang disampaikan instruktur selama dua hari ini.  “Ambil ilmu yang diberikan instruktur,  untuk bekal kalian tamat dari kuliah, ” ucapnya lagi.

Dia menambahkan,  pelatihan bersertifikat Geolistrik pertama kali diadakan di ITM. Diharapkan kegiatan berkesinambungan. “Saya harapkan kegiatan ini berkesinambungan untuk Teknik Geologi angkatan II,” pintanya.

Sementara Ketua Ikatan Alumni Geologi-ITM Japianta, para mahasiswa Geologi setelah diberi materi oleh instruktur,  selanjutnya akan praktik di lapangan sekitar kampus ITM.

“Mereka akan dibimbing bagaimana mencari cadangan air,  mengetahui jenis batuan di bawa permukaan, ” sebutnya.

Salah seorang instruktur Azhari Fitrah menerangkan tentang Geolistrik.  Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah.

“Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif, karena arus listrik berasal dari luar sistem. Dalam praktik lapangan ini,  para mahasiswa akan mencoba apa yang telah dijelaskan pada sesi materi sebelumnya, ” jelasnya. (bara)