Mahasiswa Teknik Mesin & Teknik Pertambangan ITM Ikuti Training Pembentukan Karakter di Growth Centre LLDIKTI Wilayah I Sumut

Dalam rangka menambah wawasan serta memberikan motivasi kepada mahasiswa agar menjadi generasi yang tangguh, optimis, kompetitif, berakhlak mulia, serta berpikiran positif, ITM bekerjasama dengan Growth Centre LLDIKTI Wilayah I Sumut mengadakan Training Pembentukan Karakter bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Teknik Pertambangan ITM.

Acara yang digelar di Growth Centre LLDIKTI Wilayah I Sumut pada hari Senin, 03 Desember 2018 ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Wakil Rektor I ITM Dr. Ir. H. Hermansyah Alam, MT, MM, IPM, AE yang membawakan materi berjudul “Peranan Softskill bagi Mahasiswa yang akan bekerja maupun yang membuat lapangan kerja”, serta Dr. Ir. Salim Aktar, M.Pd yang membawakan materi berjudul “Pembentukan Karakter”.

Acara yang diikuti oleh sekitar 60 orang mahasiswa yang mewakili jurusan Teknik Mesin dan Teknik Pertambangan ITM dibuka dengan kata sambutan dari Prof. Dr. Ir. Ahmad Rafiqi Tantawi, MS selaku Direktur Growth Centre LLDIKTI Wilayah I Sumut, dan dimoderatori oleh Ir. Ernita, MM yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana Training.

Kutipan materi dari Dr. Ir. Hermansyah Alam, MT, MM, IPM, AE diantaranya sebagai berikut :

Dalam bahasa Inggris, ada sebuah pepatah yang mengatakan “When life gives you lemons, make lemonade” (ketika hidup memberikanmu limun, buatlah limun). Pepatah yang terkenal ini pada dasarnya mengajari Anda untuk melakukan yang terbaik, meskipun Anda menghadapi situasi yang sulit (dengan kata lain, jadikan hambatan sebagai peluang). Jika Anda mendapatkan atau menghadapi situasi yang tidak menyenangkan (dalam hal ini, digambarkan dengan asamnya buah limun), cobalah yang terbaik untuk mendapatkan hal terbaik dari situasi tersebut. Akan tetapi, pepatah tersebut mungkin lebih mudah dikatakan daripada diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, belajarlah untuk memiliki sikap yang lebih optimis dalam menghadapi kesulitan atau hambatan dalam hidup

Definisi Kaya

  1. Kaya tidak identik dengan kepemilikan dan penguasaan Asset.
  2. Kecerdasan Finansial tidak sama dengan Kecerdasan Intelektual, terdapat banyak bukti bahwa seorang yg memiliki IQ lebih tinggi tidak selalu memiliki kekayaan lebih banyak.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari Finansial Revolution menyatakan:

  1. 59 % Orang Amerika pafa usia 65 tahun keatas Miskin
  2. 97 % Orang Indonesia pada usia 65 tahun miskin
  3. Hanya 1% di dunia menguasai 50 % dari semua uang beredar, 5% orang di dunia menguasai 90% semua uang beredar berarti:
  • Kaya tidak sama dengan jumlah harta benda yg dimiliki
  • Kaya tidak sama kemewahan
  • Kaya tidak berarti mendapat warisan benda tetapi Kaya adalah seberapa lama Asset anda baik tanggible maupun intanggible, dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan sesuai dengan gaya hidup anda.

Jadi Kaya atau miskin, Sukses atau gagal adalah sesuatu pilihan dan komitmen pribadi. Bila anda ingin kaya maka anda harus menciptakan kebiasaan kebiasaan untuk menjadi kaya dengan penuh komitmen jangan sebaliknya.

Permainan/games karakter pribadi juga dihadirkan pada training ini diantaranya : Gajah dan Semut, Rebut Kursi, Benar Salah, The Hand Game serta Panjang atau Kalah.