ITM Terpilih Sebagai Salah Satu Perguruan Tinggi yang Diterima Mahasiswa Magang Bersertifikat di PT Pertamina

JAKARTA — Sebanyak 121 mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia mendapat kesempatan emas terjun langsung merasakan dunia kerja di Pertamina. Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini dibuka oleh Direktur SDM Pertamina Koeshartanto di Lantai Mezzanine, Kantor Pusat Pertamina, pada Senin (4/3/2019).

Koeshartanto menjelaskan, PMMB merupakan salah satu program Kementerian BUMN dimana para mahasiswa terpilih akan menjalani magang di berbagai BUMN, salah satunya adalah Pertamina. Tujuan program ini adalah untuk mencetak insan berkualitas dan berdaya saing.  Program magang akan dilaksanakan enam bulan dan kepada peserta diberikan uang saku Rp 1.700.000,- per bulan. Selesai magang para peserta akan mendapatkan sertifikasi dari jerih payah  merasakan bekerja di dunia kerja sesungguhnya, jelasnya.

Menurut Koeshartanto, sebagai bagian dari program “BUMN Hadir untuk Negeri”, PMMB diharapkan dapat membentuk para mahasiswa terpilih menjadi DNA baru dan membuat kondisi perusahaan menjadi lebih baik. “Mereka akan merasakan bagaimana terjun ke dunia kerja sesungguhnya dan merasakan berbagai dinamika yang ada,” imbuhnya.

PMMB merupakan kegiatan sinergi antara Pemerintah, Pertamina dan Perguruan Tinggi dimana BUMN ini juga mendapatkan manfaat dari kontribusi tenaga dan pemikiran para mahasiswa. Sedangkan bagi Perguruan Tinggi ini juga menjadi bagian program sinergi link and match dengan industri. Koeshartanto juga berharap sinergi ini bisa menghasilkan simbiosis mutualiasme antara pihak-pihak terlibat, dan tetap mengedepankan aspek health, safety, security and the environment (HSSE).

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Direktur SDM Pertamina Koeshartanto dengan perwakilan 20 Perguruan Tinggi. Di antaranya, Universitas Pertamina, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Mulawarman, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Medan, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Darma Persada, Universitas Bina Nusantara, Universitas Padjajaran, Universitas Telkom, Universitas Trisakti, dan Universitas Sriwijaya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Subdirektorat Hubungan Alumni UGM Dr Sulistyowati mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pertamina memberikan kesempatan kepada mahasiswa terpilih dari UGM untuk terjun langsung di dunia kerja.  PIC Institut Teknologi Medan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama  dan Pengembangan Ir. Mustafa, M.T. menyatakan akan memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa ITM. Dalam program PMMB di Pertamina ITM mengirimkan 3 mahasiswa yaitu Teknik Geologi 1 orang, Teknik Mesin 1 orang, dan Teknik Industri 1 orang. Penempatan mahasiswa ITM 1 orang di kantor Pertamina Pusat Jakarta dan 2 orang di Pertamina Medan.

“Kami menitipkan anak-anak kami di Pertamina karena kami yakin mereka akan mendapatkan pengalaman luar biasa dengan program ini. Selain itu, sertifikasi yang didapatkan diharapkan menjadi pemacu dan wujud pengakuan atas kapabilitas dan kompetensi mereka,” ujarnya.

Pihak mahasiswa Isra Ramadhani dari ITB tidak menyangka bisa terpilih di antara banyak kandidat dalam PMMB Batch 1. Sementara itu pihak mahasiswi ITM Febby Indira Utari merasa terkejut begitu terpanggil sebagai peserta magang di Pertamina. “Ini jadi kesempatan yang tak boleh disia-siakan. Agak deg-degan bagaimana ya nanti kita terjun langsung ke dunia kerja, tapi kita harus tetap optimistis dan percaya diri dengan segala tantangan yang ada,” pungkasnya. * RIN/ft. PW