ITM Kirim Dosennya Mengikuti Seminar IoT Goes to Market

Internet of Things (IoT) telah menjadi topik bahasan di berbagai tempat di Indonesia sebagai salah satu teknologi yang dapat membantu Indonesia menjadi salah satu negara terdepan.

Dikutip dari laman Wikipedia Indonesia, definisi dari Internet of Things (Internet untuk Segala(-nya) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.

Berbagai karya anak bangsa berupa solusi IoT pun sudah bermunculan, seiring dengan pertambahan jumlah makers di berbagai daerah.

Ramainya geliat IoT di berbagai tempat memerlukan sebuah identifikasi untuk memastikan kebutuhan sesungguhnya dari IoT, apakah sudah dapat maju dengan sendirinya atau masih perlu beberapa dorongan, serta seperti apa dorongan yang diperlukan.

Menyikapi hal ini maka Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Indonesia IoT Forum menyelenggarakan Seminar IoT Goes to Market pada hari Rabu, 28 November 2018 kemarin.

Acara yang digelar di Convention 2 Hotel Santika Premiere Dyandra Medan ini mengangkat tema “Makers IoT: Kembangkan Hobi Menjadi Bisnis” dengan menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari praktisi-praktisi IoT seperti Teguh Prasetya dari Indonesia IoT Forum, Andri Yadi dari DycodeX serta Joegiarto dari Polytron.

Pada kesempatan ini ITM mengirimkan dua dosennya untuk mengikuti seminar tersebut yaitu Ir. Ernita, MM dan Dra. Ramayana, M.Si.