Empat Mahasiswa Geologi Magang di Perusahaan BUMN

Medan,  (Analisa)

Empat mahasiswa Teknik Geologi Institut Teknologi Medan (ITM)  diundang magang di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perusahaan Aneka Tambang  (Antam) dan Pertamina.

Keempat mahasiswa Teknik Geologi ITM yang magang itu masing-masing Era Dwi Sapitri Sembiring dan Ilham Mulyadi Batubara, magang di Perusahaan Antam,  bidang pertambangan emas. Selanjutnya Raja Sarah Sapitri dan Masrianto, magang di Perusahaan Pertamina,  bidang minyak dan gas bumi.

“Keempat mahasiswa Teknik Geologi ini magang selama 9 bulan di perusahaan BUMN tersebut,” sebut Ketua Jurusan Geologi ITM Said Muzambiq didampingi Sekretaris Jurusan Teknik Geologi ITM Edi Yasa Ardiansyah di ruang kerjanya,  Sabtu (24/8).

Said mengatakan, program magang ini sangat bagus karena sangat membantu mahasiswa Geologi ITM, terkait dengan masalah tugas akhir mereka. “Tugas akhir itu lebih banyak aplikasi. Kita harapkan mahasiswa memanfaatkan waktu yang diberikan pemerintah tersebut,” katanya.

Menurut Said, program magang ini akan terus berlanjut beberapa tahun ke depan. “Artinya sesuai dengan prestasi mahasiswa yang kita kirim. Ada perekembanganlah karena tahun ini ada empat yang magang di perusahaan BUMN,” ujarnya.

Ditegaskannya lagi, mahasiswa yang magang dipilih yang berprestasi, termasuk dari mulai IP-nya kita lihat. “Kita sementara tidak menyeleksi mahasiswa yang magang,  tapi seleksi administrasinya saja,” terang Said.

Terkait peluang kerja mahasiswa Geologi ITM, Said mengaku sangat besar sekali,  apalagi sekarang masih terkait kebencanaan, aspek geowisata dan dunia perminyakan.

 “Buktinya mereka kan ditarik juga magang di pertamina. Mudah-mudahan saja setelah mereka selesai magang diterima bekerja di perusahaan BUMN tersebut, ” tutur Said sembari menambahkan sejak tahun 2018-2019 tercatat ada sekitar 78 mahasiswa Geologi ITM yang magang di Perusahaan BUMN dan Swasta.

Terpisah, Kahumas ITM M. Vivahmi mengaku senang atas diundangnya magang mahasiswa Geologi ITM ke perusahaan BUMN tersebut.  “Berarti mereka sangat dibutuhkan di perusahaan tersebut,” tandasnya.

Dia berpesan selama magang di perusahaan BUMN itu jaga etika dan moral. Jaga nama baik ITM.  “Apa yang diperintahkan kerjakan dengan niat tulus dan ikhlas,  sehingga kedepannya mereka mau memanggil mahasiswa ITM lagi magang di perusahaannya,” pintanya.