Edaran Rektor Terkait Perubahan Sistem Pembayaran Uang Kuliah

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa serta dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang telah merubah perilaku hidup masyarakat, Rektor terpilih ITM Periode 2020-2025 Dr. Kuswandi, ST, MT membuat satu terobosan dengan merubah sistem pembayaran uang kuliah yang selama ini dinilai terlalu merepotkan mahasiswa dengan sistem baru yang lebih simpel dan berbasis teknologi.

Bekerjasama dengan bank BNI, saat ini mahasiswa ITM dapat melakukan pembayaran uang kuliah melalui teller, mesin ATM, SMS Banking, dan Mobile Banking di manapun mereka berada.

Informasi tagihan Uang Kuliah akan tampil pada portal masing-masing mahasiswa. Prosedur untuk mengetahuinya adalah dengan login menggunakan username dan password masing-masing. Setelah berhasil login lalu pilih menu Manajemen SPP dan klik tulisan CEK SPP UNTUK PEMBAYARAN. Langkah selanjutnya adalah klik KARTU TUNGGAKAN, hingga muncul tampilan seperti di bawah ini :

Pada contoh diatas terlihat si mahasiswa mempunyai 2 (dua) jenis tagihan yakni Uang Kuliah Termin 1 dan Uang Kuliah Termin 2. Tiap tagihan mempunyai nomor VA (Virtual Account) yang berbeda.

Pada saat akan membayar melalui bank BNI, maka pada rekening tujuan masukkan kode 98852522 + 8 digit nomor VA tersebut. Sebagai contoh, apabila mahasiswa diatas akan membayar Uang Kuliah Termin 1, maka nomor VA yang harus dimasukkan adalah : 9885252219010588. Sedangkan apabila hendak membayar Uang KuliahTermin 2 maka nomor VA yang harus dimasukkan adalah : 9885252219010589.

Apabila nomor VA yang diketikkan benar, maka akan muncul informasi NIM dan nama mahasiswa serta nomor rekening tujuan tertulis : Rektor Institut Teknologi Medan.

Apabila email mahasiswa yang tercantum pada portal valid, maka informasi tagihan Uang Kuliah otomatis akan masuk ke inbox email mahasiswa tersebut. Oleh sebab itu disarankan kepada seluruh mahasiswa untuk menggunakan email yang valid pada portalnya.

Sebagai informasi, sistem pembayaran melalui Bank BNI ini telah terintegrasi dengan Sistem Akademis yang dipakai di ITM, sehingga apabila mahasiswa telah melakukan pembayaran maka otomatis status tagihan Uang Kuliahnya berubah menjadi LUNAS pada portal si mahasiswa, sehingga terhitung sejak diluncurkannya kebijakan ini tidak diperlukan lagi online KHS ke Biro Administrasi Keuangan/Puskom.

Untuk pertanyaan terkait hal ini dapat melalui email ke alamat : info@itm.ac.id

Video tutorial pembayaran Uang Kuliah melalui Bank BNI dapat dilihat di bawah ini :