Wednesday, 24 January 2018
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Wisuda Sarjana ITM Ke 45 PDF Print E-mail

Medan (29/4/2012). Pada tanggal 28 April 2012, ITM kembali melepas mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan dengan melaksanakan wisuda ke 45. Sebagai salah satu Institut Teknik tertua di Sumatra ini, lulusan yang dihasilkan pada acara kali ini berjumlah Wisudawan/ti 213 orang yang berasal dari 10 jurusan dengan rincian Jurusan Teknik Mesin 79 orang, Jurusan Teknik Elektro 37 orang, Teknik Industri 10 orang, Teknik Kimia 23 orang, Teknik Informatika 13 orang, Teknik Sipil 28 orang, Teknik Arsitektur 8 orang, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota 1 orang, Teknik Pertambangaan 7 orang, Teknik Geologi 7 orang.

Sebagai perguruan yang telah berdiri sejak 6 Januari 1960, maka bentuk apresiasi dari masyarakat atas keberhasilan ITM dalam pengabdian pada dunia pendidikan tersebut adalah dengan hadirnya 3 (tiga) konsul negara sahabat yaitu Konsul Jepang (Mr Yuzi Hammada), Konsul India (Mr. Sukramana) dan Malaysia diwakili oleh  M Azni Bin Ali. Kehadiran ketiga konsul tersebut merupakan kejadian langka pada sebuah acara wisuda, akan tetapi ketiga negara tersebut sangat yakin dengan kiprah yang telah ditunjukkan ITM.

Pada sambutannya Prof. Dr. Ilmi Abdullah, MSc sebagai Rektor ITM  menyampaikan bahwa ITM terus membenahi diri baik dari SDM dan sarana prasarana. Beliau juga mengharapkan kepada seluruh civitas akademika untuk bersama bekerja keras, menyatukan visi dan misi guna mengoptimalkan potensi yang ada. Kepada para alumni beliau berpesan kepada para alumni agar terus meningkatkan kemampuan intelektualitas, bekerja keras dan gali kecerdasan emosi dan lecerdasan spiritual. Pada bagian akhir Rektor juga mengharapkan para alumni untuk menjaga dan membesarkan almamater ITM. 

Acara wisuda ini juga diisi orasi ilmiah yang disampaikan oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara, Bpk. Gatot Pujonugroho, ST dengan judul "Peran Teknokrat Dalam Mewujudkan Produk Berdaya Saing". Seperti halnya Rektor Pada orasi ilmiah tersebut Plt. Gubernur kembali menyampaikan bahwa dalam persaingan global dibutuhkan tenaga kerja yang profesional yang memiliki skill yaitu kemampuan dan keahlian seorang tenaga kerja terhadap suatu bidang pekerjaan. Dalam dunia pekerjaan saat sekaran tidak hanya dibutuhkan skill dan kecerdasan saja akan tetapi kecerdasan emosional juga dibutuhkan agar dapat mendukung pekerjaan dan ternyata soft skill merupakan peranan penting untuk dunia kerja.

Pada bagian lain beliau menyatakan "Keluhan para stakeholder selaku pengguna tenaga kerja adalah lulusan  kurang tangguh, tidak jujur, cepat bosan, tidak bekerja dengan teamwork, sampai minimnya kemampuan berkomunikasi lisan, dan menulis laporan kurang baik padahal bukti menunjukkan bahwa penentu kesuksesan justru kebanyakan adalah keahlian yang tergolong lunak (soft skill).

Dalam upaya menghadapi persaingan global maka semakin sengit dibutuhkan para lulusan Teknik yang memiliki kemampuan dalam menghasilkan produk unggulan dalam negeri yang berkualitas dan berdaya saing tinggi melalui sistim belajar yang berbasis pada implementasi, disinilah inovasi dan kreatifitas lulusan teknik serta sinergi dengan dunia usaha berperan penting dalam menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi." (nf)

 

 
 
Top!
Top!