Saturday, 23 September 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Rektor Buka Pembekalan Akademik Mahasiswa Baru ITM Print E-mail

MEDAN (23/9/2014) Sebanyak 1650 mahasiswa Baru Institut Teknologi Medan (ITM) mengikuti program pembekalan akademik tahun akademi (TA) 2014-2015. Rektor ITM Prof Dr Ir Ilmi Abdullah MSC secara simbolis membuka acara tersebut dilapangan Parkir Kampus ITM Jl Gedung Arca, Senin lalu. Dalam arahannya Rektor mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang telah mempercayai ITM untuk menuntut ilmu di bangku perkuliahan tinggi. “Kami berharap mahasiswa di kampus ITM dapat menimba ilmu pengetahuan untuk meraih cita-cita di masa depan,” kata rektor.

Hadir pada pembekalan akademik mahasiswa baru, Dewan Pembina Yayasan Dwi Warna Drs Cemerlang, PR I hingga IV yakni Dr Supriyatno ST MT, Munazad SE MSI, Ir Mahyuzar Masri MT, Dr Awaluddin Tayeb. Juga hadir para dekan, pembantu dekan, dosen dan Kahumas ITM Vivahmi Manafsah SH MSI.

Pada kesempatan itu rektor menyebutkan ITM merupakan perguruan tinggi teknologi, kini memiliki 3 Fakultas dengan 10 program studi. Sebagai perguruan tinggi teknologi, rektor mengimbau kepada mahasiswa baru ITM, untuk belajar dengan giat, belajar kolektif dan jangan cepat berpuas diri.
Rektor mencontohkan menuntut ilmu di perguruan tinggi dengan sekolah berbeda. Oleh karena itu, dalam program akademik ini mahasiswa diminta dapat bersikap baik dan tertib serta tidak melakukan perbuatan-perbuatan negatif. “Selama mengikuti program akademi perlunya melakukan perubahan dalam keintelektualan guna menyongsong masa depan kalian,” katanya.

Pembantu Rektor III Ir Mahyuzar Masri MSI melaporkan, pelaksanaan program pengenalan akademik ITM, dilaksanakan selama dua hari. Selama mengikuti kegiatan ini mahasiswa diberikan pengenalan tentang perkuliahan, tenaga pengajar dan pengisian KRS. Dia juga menambahkan, dari total mahasiswa baru yang mendaftar sebanyak 1.800 di ITM tahun akademik 2014 telah resmi mengikuti perkuliahan sebanyak 1.650 orang. "Alhamdulillaih ada peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahunnya masuk ke ITM,” ujarnya.

Sebanyak 10 mahasiswa baru hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMPT) di Institut Teknologi Medan (ITM) mulai dari gelombang I sampai gelombang III mendapatkan beasiswa kuliah.

Penyerahan beasiswa kuliah dilakukan langsung oleh Rektor ITM Prof Dr Ilmi Abdullah MSc didampingi Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan Cemerlang SE disaksikan para wakil rektor, dekan, ketua jurusan dan program studi, dosen dan pegawai serta seluruh sivitas akademika pada Pembukaan Pengenalan Mahasiswa Baru (PPMB), pekan lalu di kampus Jalan Gedung Arca Medan.
Mahasiswa baru penerima beasiswa ranking tertinggi hasil testing, antara lain, Nanda Nafrizal (teknik industri) mendapatkan beasiswa selama setahun. Baja Ratsfa Pratama Siregar (teknik sipil) dan Muhammad Deo Hadi Pratama (teknik sipil) gratis biaya kuliah untuk pembayaran di termin I.
Kemudian Djuan Patriot Hutabarat (teknik pertambangan), Dwalo Lahagu (teknik sipil) dan Hardi Majfra Kurniadi (teknik sipil) untuk pembayaran uang kuliah gratis di termin II. Rio Rinaldy Sirait (teknik mesin) dan Mehaga Tuahta S Meliala (teknik pertambangan) untuk pembayaran gratis uang kuliah di termin III, serta M Fachri B.Z (teknik arsitektur) dan Muhammad Ari Suherman (teknik geologi) untuk pembayaran uang kuliah gratis di termin IV.

Rektor Prof Ilmi mengharapkan dengan bantuan biaya kuliah gratis itu hendaknya dapat memacu dan memotivasi mahasiswa baru untuk menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. “Pemberian beasiswa ini karena ke-10 mahasiswa itu sudah memperlihatkan nilai terbaik sewaktu melaksanakan testing ujian masuk di ITM,” jelasnya.

Salah satu kebanggaan tambah rektor, ITM sudah terakreditasi seluruh program studinya oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini patut dibanggakan bagi perguruan tinggi swasta dan merupakan suatu prestasi akademis yang dinanti-nanti karena tidak mudah untuk dapat meraihnya.
Untuk dapat memberikan
Pendidikan yang optimal bagi para mahasiswa, ITM dewasa ini memiliki 188 orang tenaga pengajar profesional dengan komposisi 53,73 persen berlatar belakang Pendidikan S2 dan 30,86 persen berpendidikan S1 serta sisanya sedang mengikuti Pendidikan S3.
Dari jumlah tersebut, staf pengajar tetap di ITM sekitar 75 persennya sudah lulus program sertifikasi pendidik untuk dosen (Serdos) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Sedikitnya terdapat 6 dosen sedang mengikuti program sertifikasi dosen dan diharapkan bisa lulus yang nantinya akan menambah jumlah dosen yang telah lulus sertifikasi dosen.
Dalam kiprah perjalanannya, ITM senantiasa mampu bersaing secara kompetitif baik PTN maupun antar PTS. Hal ini dibuktikan karena kehadiran ITM adalah salah satu perguruan tinggi yang konsisten bergerak di bidang keahlian teknik untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli dalam bidang pembangunan.

 
 
Top!
Top!