Saturday, 23 September 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Mobil Ganteng ITM akan Ikut Lomba di Jakarta

MEDAN (21/04/2014): Mobil Ganteng merupakan karya kreatifitas mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM). Mobil hemat energi dan ramah lingkungan ini hanya membutuhkan satu liter bensin untuk perjalanan 205 km. Mobil Ganteng pertama kali dibuat untuk mengikuti Lomba Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) pada 14-17 November 2013 lalu di Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Mahasiswa-mahasiswa yang penuh dengan kreatifitas ini, pada IEMC 2014 nanti yang dilaksanakan di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, akan ikut berpartisipasi dalam lomba mobil bahan bakar bensin disel. Dalam hal itu, Tim dari ITM ini juga sedang mempersiapkan Mobil Prototipe, yang nantinya akan diikut sertakan dalam lomba.

Sandy Syahputro yang juga salah satu anggota dari Tim Ganteng yang berjumlah sembilan orang ini, mengatakan setelah event IEMC 2013 di Surabaya, mereka juga akan bertanding dengan karya baru yang sedang dalam proses pengerjaan. Tim ini akan turun pada kelas Urban Gasoline serta dua mobil dikelas Proto Gasoline dan Proto Listrik. Berpegang pada pengalaman tahun 2013 pada kelas Urban Gasoline yang hanya mampu menjadi finalis. Tim  terus berbenah untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Dari hasil uji tahun sebelumnya Mobil Urban Gasoline baru mampu mencapai hasil 180 km/liter bahan bakar. Target Tahun ini harus 300 km/liter bahan bakar. Beberapa hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah rekayasa engine, bobot mobil yang lebih ringan dengan aspek kekuatan material yang kuat serta mobil yang lebih airodinamis. “Kami mempersiapkan mobil prototipe bahan bakar bensin disel, yang nantinya akan bertanding di IEMC 2014 di Jakarta pada akhir tahun ini,” ungkap Sandy.
TIM Ganteng ini terdiri dari sembilan Anggota, keseluruhannya merupakan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITM. Adapun Nama-nama Anggota Tim Ganteng, Sandy Syahputro, Ahmad Wito, Firman Syahputra, Muhammad Ghazali, Eri Kurniawan, Aswandi Sudirja, Sugi Wahon, M.Yahdi Irawan dan Zein Syahputro dan dosen Pembimbing Tim ITM, Mahyunis, ST, MT.

Selain pengembangan mobil Urban Gasoline dan Proto Listrik serta Proto Gasoline, Tahun 2014 ITM sedang mengembangkan Roket Komurindo dan ROBOT KRI dan ROBOT KRCI yang dipersiapkan pada ajang nasional tahun depan.

Rektor ITM Prof Dr Ilmi Abdullah MSc berpesan kepada mahasiswa untuk terus mengembangkan karya-karyanya serta mempersiapkan mental untuk tidak canggung menghadapi lawan-lawan dari daerah lain yang sudah terlebih dahulu berkompetisi pada ajang yang sama.  “Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwi Warna dan rektorat ITM menyambut baik pengembangan yang dilakukan anak didiknya dan mengharapkan tim ini tidak hanya bersaing di ajang nasional saja, malainkan di ajang Internasional,” jelasnya

 
 
Top!
Top!