Saturday, 23 September 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Kuliah Umum Perbaikan Logam Gagal

MEDAN (5/3/2014) - Staf Pengajar Institut Sains Teknologi Nasional (ISTN) Ir Adioyo Wiyoko MSc mengatakan, untuk melakukan perbaikan material komponen logam yang gagal maka langkah yang mesti dilakukan adalah dengan membuat analisis perbaikan, tanpa adanya analisis terlebih dahulu, mustahil komponen gagal tersebut dapat perbaiki. “Ibarat di dalam ilmu kedokteran, untuk mengetahui apa yang dialami oleh korban maka terlebih dahulu pihak yang berkompeten melakukan ilmu foresik” katanya dihadapan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Medan (ITM) pada acara kuliah Umum yang diadakan Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Mesin ITM di Aula Kampus tersebut, Jumat (28/2).

 

Lebih lanjut dikatakan Staf Badan Pengkajian Pengembangan Teknologi (BPPT) ini, bahwa untuk melakukan perbaikan komponen logam gagal bisa dilakukan dengan melihat literature perpusatakaan buku, dan sebagainya dan untuk memperbaiki logam gagal tersebut katanya  tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

 

“Pengerjaan perbaikan logam gagal tersebut hanya dapat dikerjakan secara kolektif (bersama-sama) karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan kerja tim yang solid,” katanya.

Disebutkannya, bahwa material komponen logam ini, adapun pemakaiannya kebanyakan digunakan pada industry-industri berskala besar, dan juga komponen pesawat terbang dan lain-lain.

Kuliah umum tersebut, turut dihadiri Ketua Jurusan Teknik Industri Zainuddin ST MT, Sekretaris Ir Nurdiana MT,dosen teknik mesin ITM  serta kahumas ITM M Vivahmi Manafsah SH MSi.

Sementata itu, Ketua Jurusan Teknik Industri Jurusan Teknik Masin ITM Zainuddin, mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang hadir  di ITM untuk memberikan persentase dihadapan mahasiswa dan dosen ITM. “Ini merupakan suatu penghargaan buat mahasiswa dan institusi ITM karena dapat menambah wawasan kelimuaan."ujarnya

Pihak juga berencana akan mengundang kembali narasumber datang ke ITM untuk memberikan persentasenya dihadapan para dekan, dosen dan mahasiswa. Ujar Zainuddin

Sekretaris Jurusan Ir Nurdiana MT, apa yang dipaparkan narasumber ini mampu mentransfer ilmu tentang bagaimana analisis perbaikan logam gagal. Bagi imahasiswa pelaksanaan kuliah umum ini kedepan akan menjadi nilai tambah. (er)

 
 
Top!
Top!