Saturday, 22 July 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
ITM Tetap Kembangkan Mobil Ganteng

MEDAN (10/12/2013) Institut Teknologi Medan (ITM) tetap akan mengembangkan proyek mobil hemat energy yang dinamai Mobil Ganteng. Tim riset akan terus mempelajari kekurangan mobil itu dan memperbaikinya.

Meski gagal menyabet juara mobil irit bahan bakar dalam Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 di Surabaya, mobil ini akan terus dikembangkan. Pembimbing Tim Mobil Ganteng ITM, Mahyunis menuturkan, mereka akan mempelajari kekurangan mobil itu.

Dijelaskannya, satu faktor kegagalan Mobil Ganteng ITM dalam ajang tersebut karena kerusakan sasis mobil saat proses pengiriman ke Surabaya. Meski sudah diperbaiki, hasilnya belum maksimal.

“Kami gagal mencapai target yang dihasilkan saat pra-race sebelumnya, yakni 180 kilometer per liter. Dalam uji race yang dijalani, kami hanya mampu menembus 60 km per liter,” kata Mahyunis.

Dosen muda ITM ini menuturkan, meskipun gagal dalam IEMC 2913, secara keseluruhan Mobil Ganteng telah menyelesaikan lintasannya. Setelah sampai di Medan, dia bersama Tim Mobil Ganteng yang berjumlah sepuluh mahasiswa ITM mengevaluasi mobil tersebut. “Kami akan kembangkan terus. Salah satunya memodifikasi bobot kendaraan agar menjadi lebih ringan,” ujarnya.

Desain mobil juga akan diperbaiki agar lebih aerodinamis untuk mengurangi gesekan udara menjadi 3-4 bar dari sebelumnya lima bar. “Mental tim juga harus dibentuk. Apalagi saat menghadapi mesin mobil yang rusak ataupun pada saat tampil di lintasan perlombaan,” katanya. (Isya).

 

 
 
Top!
Top!