Wednesday, 22 November 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
ITM Berperan Strategis Dalam Pembangunan Sumut
Written by Administrator   

MEDAN (8/7/2013): Sepuluh program studi di tiga fakultas di Institut Teknologi Medan (ITM) memiliki  peran strategis dalam pembangunan Sumatera Utara. Misalnya di bidang pertambangan, perencanaan wilayah & perkotaan (PWK) dan teknologi informatika.

ITM dengan disiplin ilmu dan fasilitasnya, baik melalui staf pengajar maupun para alumninya yang tersebar di seluruh  Indonesia memiliki peran besar dalam membangun negara, Fakultas Teknologi Mineral terdiri dari program studi teknik pertambangan dan  teknik geologi berperan  dalam pengelolaan sumber daya alam, khususnya sumber daya mineral serta pemahaman akan sifat bumi. Indonesia sangat kaya akan sumber daya mineral dan pemanfaatannya secara berkelanjutan sangat membutuhkan tenaga ahli yang  berkualitas secara keilmuan sekaligus memiliki kecerdasan emosi dan spiritual,” Ucap Rektor Prof. Dr. Ilmi Abdullah MSc.

Dengan demikian, menurutnya, sumber daya mineral tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat  dan negara sekaligus tidak merusak alam.Begitu juga dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari program studi teknik sipil, teknik arsitektur serta  teknik  perencanaan wilayah dan kota (planologi).

Fakultas ini berandil besar dalam mewujudkan kehidupan kota yang nyaman, aman,  manusiawi, tidak merusak lingkungan, dan menyediakan penghidupan bahi penduduknya dilengkapi dengan fasilitas umum dan prasarana  yang layak.

Kondisi itu hanya dapat dicapai dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik dari semua pihak  yang berkepentingan. Misalnya, bangunan didirikan dengan mempertimbangkan karakteristik budaya penduduk setempat dan tidak  menimbulkan efek rumah kaca.

Kemudian jaringan jalan dibangun dengan memerhatikan kondisi geologi agar tidak longsor dan  menghindari pemanfaatan daerah pertanian subur. “Manusia akan terus melakukan kegiatan sehingga kota juga akan terus berkembang,” ujarnya.

Sedangkan untuk Fakultas Teknologi Industri, ITM telah membuka Jurusan Teknik Informatika. Rektor melihat jurusan ini  sangat dibutuhkan pada era globalisasi yang memerlukan kemampuan teknologi komunikasi yang tinggi. Perkembangan teknologi juga  membutuhkan tenaga-tenaga terampil dari semua jurusan.

“Saat ini ITM berusaha mempersiapkan tenaga-tenaga handal yang sesuai kebutuhan industri berskala nasional maupun  internasional,” ungkapnya. Upaya yang dilakukan ITM untuk persiapan tersebut, kata rektor, melalui jalinan kerjasama dengan pihak industri dan  perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Rektor mengakui potensi yang besar sebagai modal dalam pengembangannya itu terletak pada sumber daya yang dimiliki staf pengajar dan prasarana yang cukup memadai. Berbagai fasilitas sarana prasarana telah mengalami penambahan dalam proses perkuliahan diantaranya, penambahan satu ruangan komputer untuk praktek di jurusan teknik informatika.

 

 
 
Top!
Top!