Wednesday, 22 November 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
HMPWK ITM Kuliah Umum Penataan Sistem Planologi

MEDAN (23/05/2013): Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Institut Teknologi Medan(ITM) mengadakan kuliah umum tentang penataan sistem planologi dalam penerapan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia.
Kuliah umum bertemakan perencanaan pembangunan berwawasan lingkungan tersebut dibuka Ketua Jurusan PWM ITM Ir Tunggul H Gani menampilkan pembicara, Dr Said Muzambiq MSi, staf pengajar ITM di aula kampus Jl Gedung Arca Medan, pekan lalu.
Acara ini dihadiri mahasiswa jurusan planologi dan arsitek dan ISTP TD Pardede Medan.
Tunggul Gani mengatakan, kegiatan kuliah umum sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan planologi untuk mengetahui informasi terkini menyangkut tujuan penyelenggaraan penataan ruang sesuai UU No 26 Tahun 2008.
Dari kuliah umum ini nantinya akan diperoleh pengetahuan mengenai persoalan dalam penataan ruang yang berkaitan dengan pembangunan wilayah dan kota di suatu provinsi, kabupaten dan kota di Sumut.
“Mahasiswa ITM khususnya jurusan planologi bisa mendapatkan wawasan yang berkaitan dengan kebijakan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis pada penataan ruang dan wilayah perkotaan,” tambahnya.
Said Muzambiq dalam paparannya menjelaskan, tujuan penyelenggaraan penataan ruang sesuai UU No 26 Tahun 2008 menyebutkan, suatu lokasi harus aman dari segala persoalan seperti banjir, gempa, longsor, pasang laut dan lainnya dalam lingkungan tempat tinggal ruang publik juga terjamin rasa aman.
Selanjutnya nyaman berkaitan dengan serba mudah, tidak ada kemacetan, pencemaran terkendali, bersih, teratur, asri, hijau dan harmoni. Produktif melakukan sinergis antara sistem transportasi dan sistem produksi, biaya transpor murah, efisien sistem pelayanan, biaya hidup murah, kemudahan lapangan kerja, berdaya saing dan memberikan nilai tambah ekonomi. Selain itu juga harus berkelanjutan yang diartikan mapan ekonomi, good governance, lingkungan terjaga dan menempatkan pada kepentingan generasi yang akan datang.
Ia juga mengemukakan akan pentingnya tara ruang sebagai sumber dampak yang bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya dampak. Analisa dampak lingkungan (Amdal) yang merupakan alat pengelolaan lingkungan hidup pada tahap perencanaan kegiatan dan proyek serta komponen tata ruang perlu mendapatkan perhatian dalam studi Amdal.
Menurutnya, Amdal diperlukan untuk meminimalisasi dampak dan melakukan mitigasi maupun kompensasi dampak. Apalagi katanya dalam pasal 2 ayat 2 PP No 27 Tahun 1999 disebutkan, hasil amdal digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan wilayah.
Alasan tata ruang harus diperhatikan dalam amdal karena, kegiatan pembangunan semakin besar dan kompleks. Perubahan tata ruang bersifat permanen dan mempunyai implikasi jangka panjang dan perubahan tata ruang mempunyai dampak tidak saja fisik melainkan juga sosial, ekonomi dan budaya.
Sedangkan Ketua HMPWK ITM Fadly Fattah menambahkan, kuliah umum ini akan dimanfaatkan mahasiswa jurusan planologi untuk melakukan riset dan penelitian berkaitan dengan masalah pembangunan planologi dan perencanaan wilayah dan kota.

 
 
Top!
Top!