Saturday, 22 July 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Staf Khusus Presiden Pembicara Seminar Mitigasi Bencana di ITM E-mail

MEDAN (28/4/2013): Kegiatan seminar dengan tema ” Mitigasi Bencana Alam di Indonesia dan Catatan Bencana di Situs-situs Sejarah” bertindak sebagai narasumber adalah Andi Arief (staf khusus Presiden RI Bidang Bencana dan Bantuan Sosial) dan Dr. Andang Bachtiar MSc, yang akan dilaksanakan di kampus ITM Jl Gedung Arca Medan, Selasa, 30 April 2013.

Acara ini diadakan dalam rangka memperingati hari bumi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) “Gema Toba” dengan mengambil tema,” Arti Kita Untuk Bumi” acara ini juga dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-16 HMTG ITM.

Demikian disampaikan Rektor Institut Teknologi Medan (ITM) Prof Dr Ilmi Abdullah MSc di ruang rektorat Institute Teknologi Medan. Pada kesempatan ini Rektor didampingi Ketua Jurusan Program Studi Geologi Gustam Lubis ST, MT, Kepala Humas M Vivahmi Manafsyah SH, MSi, dosen Ir Lismawaty MT, Ketua HMTG Zuhri Mustaqim, Ketua Panitia Gema Toba Musnaini, Sekretaris Mahmud, Bendahara Siti Mutia Ulfa, Koordinator Acara Seminar Adi Sahputra, Koordinator Acara Futsal Alam Prawira I.P dan Koordinator Acara Penanaman Pohon Ilham Syahputra.
Untuk lebih memeriahkan, kegiatan seminar tersebut, ITM akan mengundang instansi terkait para satuan kerja perangkat daerah (SKPD), seperti Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBP) Sumut, Kepala BPBP Kota Medan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumut yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam mengantisipasi bencana.

Maksud seminar ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat potensi bencana alam di Indonesia, sebagai dampak negatif dari proses diri dengan tujuan akan tumbuhnya budaya hidup berampingan dengan bencana.

Rektor berharap, kepada mahasiswa dapat mengikuti seminar tersebut sebagai upaya untuk menambah wawasan pemikiran bagaimana cara mengantisipasi terjadinya bencana dan dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota khususnya melakukan reaksi capat tanggap menghadapi bencana.

“ITM menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seminar ini dan meminta agar mahasiswa untuk tetap eksis dan menjadi terdepan dalam melakukan berbagai kegiatan seminar bencana khususnya mengatasi gempa dan bencana alam di Sumatera Utara,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Jurusan Program Studi Geologi Gustam Lubis, bahwa isu tentang gempa dan bencana alam tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan. Karena selama ini geologi hanya membahas masalah kegiatan eksplorasi (penambangan) emas, batubara dan sejenisnya secara positif.
Kedepan diperlukan manajemen bencana dalam pengaturan pembangunan daerah. Artinya, sisi negatif dan positif dari bencana alam juga perlu diperhatikan dalam proses pembangunan, sehingga pembangunan yang tercipta akan mempertimbangkan kemungkinan resiko yang ditimbulkan dari terjadinya bencana alam.

 
 
Top!
Top!