Saturday, 23 September 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
HMTG ITM Peringati Dies Natalis ke-16 E-mail

MEDAN (27/4/2013) – Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Institut Teknologi Medan (HMTG-ITM) memperinhati hari bumi sekaligus peringatan dies natalis ke-16 yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti seminar ilmiah, pertandingan futsal dan program penghijauan penanaman 200 pohon mangrove di kawasan Pantai Labu, Deliserdang serta pembersihan kawasan Sungai Deli.

Ditegaskan, peringatan Hari Bumi bagi masyarakat geologi ITM dijadikan momen memperkenalkan proses-proses di bumi yang dapat berdampak negatif, seperti pembentukan bencana alam, geologi (gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, longsor) dan di Indonesia potensi tersebut sangat besar dan akan selalu terjadi akan.

 

“Jadi upaya mitigasi harus terus dilakukan mengingat budaya masyarakat kita yang mudah lupa. Selama ini kita lebih mengeksploitir dampak positif bumi, misalnya pembentukan dan pemanfaatan sumber daya alam bahan tambang,” jelasnya.

Sedangkan materi menarik lainnya adalah catatan bencana di situs-situs sejarah yang menjelaskan bahwa proses-proses di bumi yang telah berlangsung selama sejak 4,5 miliar tahun lalu telah memusnahkan peradapan di Indonesia dan menjadi catatan sejarah.

Sementara itu Ketua HMTG Zuhri Mustaqim menambahkan, peringatan “Gema Toba” mengambil tema,” Arti Kita Untuk Bumi,” sekaligus peringatan Dies Natalis ke-16 HMTG ini dimulai sejak 29 April sampai 2 Mei 2013.

Pembukaan seluruh rangkaian kegiatan dilakukan pada 29 April 2013 di kampus ITM dengan mempertandingkan cabang olahraga futsal yang diikuti sebanyak 32 tim internal. Selain itu juga mengadakan kegiatan seminar ilmiah yang diselenggarakan pada 30 April dengan pembicara antara lain, Andi Arief, staf khusus Presiden RI Bidang Bencana dan Bantuan Sosial dan pakar geologis dari Jakarta yakni, Dr Andang Bachtiar MSc.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penghijauan berupa penanaman 200 pohon mangrove di kawasan Pantai Labu, Deliserdang pada 1 Mei 2013 dan puncak kegiatan diakhiri dengan pembersihan kawasan Sungai Deli, di Kota Medan pada 2 Mei 2013 bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Menurutnya, peringatan Dies Natalis ke-16 HMTG ITM ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Bumi itu, tiap tahunnya juga beraneka ragam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian bumi ini dari ancaman kerusakan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

“Bumi dan isi yang terkandung di dalamnya merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya dari kehancuran yang diakibatkan perbuatan manusia. Oleh sebab itu, mahasiswa geologi ITM harus menjadi kelompok terdepan yang mampu melestarikan alam dan bumi kita ini dari segala bentuk bencana yang ditimbulkannya,” tambah Zuhri Mustaqim. (eko/uncup/lb)

 

 
 
Top!
Top!