Saturday, 22 July 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
Rektor ITM Minta Mahasiswa Kembangkan Ilmu Praktis E-mail

MEDAN (24/4/2013): Rektor Institut Teknologi Medan Prof Dr Ilmi Abdullah MSc mengharapkan mahasiswa mampu mengembangkan ilmu praktis yang bersifat aplikatif secara langsung, sehingga dapat menciptakan penguasaan ilmu pengetahuan yang berbasis pada teknologi.

“Berbagai kuliah umum, seminar, lokakarya dan sejenisnya hendaknya dapat dikembangkan untuk pendidikan akademik yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman terhadap kebutuhan di pasar kerja,” ujar Rektor Ilmi Abdullah didampingi Kahumas ITM M Vivahmi Manafsyah SH MSi di ruang kerjanya.

Kualitas lulusan mahasiswa harus mampu menjawab keinginan stakeholder, oleh karena itu sebagai institusi yang besar ITM akan terus meningkatkan kemajuan dunia penddikan tinggi. Berbagai kegiatan yang bersifat ilmiah dan akademik dimaksudkan berguna untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa agar mendapatkan informasi langsung dari pelaku teknis di lapangan.

 

Rektor mengakui ITM telah memiliki potensi yang besar sebagai modal dalam pengembangannya. Potensi itu terletak pada sumber daya yang dimiliki, yakni staf pengajar dan prasarana yang cukup memadai. Staf pengajar ITM saat ini yang rata-rata memiliki kualifikasi S2 dan S3, hanya tinggal 5 persen saja yang memiliki kualifikasi S1.

Sarana prasarana yang dimiliki telah mengalami penambahan dalam mendukung proses perkuliahan diantaranya berupa penambahan satu ruangan komputer untuk praktek Jurusan Teknik Informatika. Peralatan laboratorium dipergunakan untuk praktek Jurusan Teknik Elektro, buku-buku untuk perpustaan, selain peralatan praktek untuk Jurusan Teknik Sipil berupa alat survey seperti teodolit, water pass dan lainnya.

Lebih lanjut lagi rektor memberikan apresiasi terhadap Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITM yang telah bekerjasama dengan PT WIKA Beton mengadakan kuliah umum belum lama ini, sebagai bentuk dari tridharma perguruan tinggi.Rektor menjelaskan, bagi mahasiswa kegiatan kuliah umum sangat positif, karena mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu praktis yang tidak didapatnya di perkuliahan, seperti pengetahuan masa proses pembuatan beton dengan kemajuan ilmu dan teknologi hanya dengan 14 hari sudah siap dibuat dan bisa dipergunakan.
“Baik dosen dan mahasiswa, kuliah umum ini akan menambah ilmu pengetahuan, karena di jurusan teknik sipil terdapat matakuliah teknologi bahan, konstruksi beton, beton prategang, desain pondasi dalam, rekayasa jembatan, perancangan jalan rel dan metode pelaksanaan konstruksi,” paparnya.
ITM yang didirikan sejak tahun 1960 ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk mandiri berdasarkan ilmu pengetahuan, minat, bakat, penalaran dan keterampilan yang diperoleh selama proses pembelajaran, memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) bagi industri kecil, menengah dan besar serta kemungkinan studi lanjut ke jenjang pendidikan S2 maupun S3 dan untuk menghasilkan lulusan berkualitas.(aje)

 
 
Top!
Top!