Saturday, 23 September 2017
 
 
Pengumuman
  • Ujian Akhir Semester Genap TA. 2016/2017 dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 22 Juli 2017
  • Syarat mengikuti UAS Genap TA. 2016/2017 adalah : Mengisi KRS Semester Genap TA. 2016/2017 dan telah melunasi Uang Kuliah Termin IV TA. 2016/2017
7 Proposal PKM ITM Diloloskan Dikti E-mail

MEDAN (Berita-05/04/2013): Secara nasional, sebanyak 46.000 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang masuk ke Dirjen Dikti dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Namun yang lolos diterima hanya 7.505 proposal. Dari jumlah yang lolos itu, tujuh diantaranya berasal dari proposal diajukan mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM)
"Saya mengapresiasi kegigihan dan kreativitas mahasiswa yang telah berhasil menyiapkan dan membuat sehingga proposalnya diterima dan disetujui untuk didanai Dirjen Dikti, ditengah kesibukan mahasiswa mengikuti jadwal perkuliahan di kampus," kata Rektor ITM Prof Dr Ilmi Abdullah MSc kepada wartawan, Kamis [4/4].
Didampingi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) ITM Ir Mustafa MT dan Kahumas M Vivahmi SH MSi, rektor menjelaskan, PKM merupakan program dari Dirjen Dikti Kemendikbud yang bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan kegiatan yang bernuansa kreativitas.
Selain itu mahasiswa juga didorong untuk menyampaikan gagasannya dan menerapkannya sesuai kompetensi yang dimiliki mahasiswa. Untuk mencapai prestasi itu, mahasiswa ITM dibekali dengan pelatihan dalam bentuk workshop bekerjasama dengan Dikti. Hasilnya, proposal yang diajukan ITM ke Dirjen Dikti Kemendikbud Jakarta, sebanyak tujuh proposal disetujui dan didanai berkisar Rp5 juta - Rp12,5 juta untuk tahun anggaran 2013.
Kendati jumlah proposal yang disetujui Dikti untuk tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun 2012 lalu, yakni dari 10 menjadi tujuh proposal, ITM tetap mengapresiasi upaya mahasiswanya dalam membuat proposal tersebut sehingga layak untuk diloloskan Dikti.
"Ini tetap merupakan sebuah prestasi, karena seleksi yang dilakukan pusat terhadap proposal yang masuk sangat ketat," kata Kepala LP2M ITM Ir Mustafa MT menambahkan. Atas keberhasilan tujuh mahasiswa tersebut, ITM pun akan terus mengadakan pelatihan berupa workshop pembuatan proposal agar lolos disetujui dan didanai untuk tahun anggaran 2014.
Lebih lanjut Ir Mustafa menyebutkan, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi telah melakukan seleksi proposal PKM 5 bidang untuk pendanaan tahun anggaran 2013. Hasil evaluasi proposal PKM 5 bidang itu bagi perguruan tinggi yang lolos seleksi dan diterima untuk didanai.
Ada 6 jenis PKM yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM Penyerapan Teknologi (PKM-PT), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-PI).
Mustafa menambahkan, kegiatan PKM tahun 2013 dimulai bulan Februari 2013 dan akan dimonitoring pada bulan Mei 2013. Untuk itu, mahasiswa yang bersangkutan diharuskan melaksanakan kegiatan serta melakukan pemantauan pelaksanaannya.
Dia mengingatkan ada monitoring evaluasi pelaksanaan pada bulan Mei untuk meyakinkan proposal tersebut benar-benar dikerjakan. Jika dalam evaluasi hasil monitoring proposal tersebut bisa dipertahankan, maka selanjutnya akan direkomendasikan untuk mengikuti Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dengan penambahan penilaian indikator lainnya.(aje)

 
 
Top!
Top!